Ternyata Makanan Kesukaan Bisa Jadi Penyebab Jerawat!!

3:24 AM

 

Kamu-kamu yang demen makan absen dulu sinih!
Akuuuww

Aku tuh termasuk orang yang hobi masak dan hobi makan. Semua mau coba; makanan manis, makanan pedes, desert coklat kekinian, minuman bersoda juga aku suka!

Dulu pas jaman kuliah aku suka banget makan yang pedes-pedes kan. Deket kampusku dulu banyak banget yang jualan ayam penyet, atau makanan dengan level pedas bervariasi yang jadi favorit mahasiswi. Apalagi cewek nih biasanya demen banget sama yang namanya makanan pedes, so pasti tiap pulang kuliah makannya pedes-pedes. Nah biasanya kalau aku udah mulai banyak makan pedes, di wajah mulai deh muncul jerawat satu dua biji L

Gak cuma makanan pedas, kalau aku lagi hobi bikin es kopi manis bisa muncul jerawat bintil-bintil kecil banyak gitu di muka L

Duuh sedih banget ga sih, padahal skincare jalan terus, jaga kebersihan juga biar gak jerawatan. Eh tetep jerawatan juga!

Ternyata setelah aku baca-baca di Halodoc, memang ada lho makanan yang bisa jadi penyebab jerawat. Seperti makanan pedas, makanan berminyak, coklat atau permen yang tinggi gula, makanan cepat saji, gluten dan minuman bersoda.

Kenapa tuh?

Makanan pedas jika dikonsumsi berlebihan akan menimbulkan gangguan pencernaan. Nah pencernaan yang terganggu bisa membuat jerawat bermunculan.

Lalu coklat dan permen cenderung tinggi gula yang bisa menyebabkan serat kolagen di kulit terancam rusak, yang ujungnya bikin kulit jerawatan juga. Gak cuma coklat dan permen lho. Semua yang tinggi gula kayak cake, es kopi susu manis juga bisa bikin jerawatan.

Makanan berminyak juga bisa bikin jerawatan lho sis. Soalnya makanan berminyak cenderung tinggi kadar lemak dan garam yang bisa menyebabkan jerawatan.

Dikasusku sendiri, pasti langsung jerawatan kalau terlalu banyak makan makanan pedas dan berminya atau tinggi gula. Apalagi selama pandemi ini aku di rumah aja dan bawaannya pengen jajan teruuusss!

Iyyess selama pandemi ini udah kenyang banget makan makanan kesukaan mulai dari desert manis, coklat, makanan pedes-pedes sampai lupa kontrol asupan makanan. Padahal, kontrol makan itu selain baik untuk menjaga berat badan, baik juga untuk kulit lho.

Jadi gimana dong supaya tetap bisa makan makanan kesukaan, tapi gak jadi jerawat?

Yang pasti kamu harus tau dulu kondisi badan dan kondisi kulit kamu. Bisa konsultasi dengan dokter-dokter terpercaya di Halodoc buat cari tau “kira-kira kamu cenderung jerawatan karena apa??”

Nah setelah diketahui penyebabnya, boleh banget langsung di praktekkin buat mengurangi konsumi makanan penyebab jerawat!

Selain skincare dan menjauhi makanan-makanan penyebab jerawat, wajib juga menjaga asupan nutrisi yang baik buat tubuh dan kulit. Contohnya kayak>>

Minum vitamin untuk kulit:
Biasanya sih aku suka minum vitamin penunjang kecantikan kulit kayak Natur E atau Nourishkin. Kalau kamu mau minum vitamin untuk kulit, bisa juga lho konsultasi dulu ke dokter terpercaya di Halodoc buat bantuin menentukan vitamin yang paling cocok buat kulitmu.

Jaga kebersihan kulit:
Siapa disini yang kalau pakai masker suka dipake berkali-kali? Hayoo ngaku! Ya meskipun sekarang kita wajib banget menggunakan masker ketika di tempat umum, masker kain atau masker medis tuh wajib diganti tiap hari lho. Jangan mentang-mentang keluar rumahnya cuma sebentar dan maskernya gak kotor, trus jadinya kamu pakai masker itu berkali-kali.

Minum air putih:
Kulit yang dehidrasi cenderung susah menerima asupan-asupan skincare. Jadi rasanya percuma aja lho skincare mahal-mahal, tapi kulit dalemnya gak terhidrasi dengan baik. Yuk minum air putih, kurangin soda dan kopi-kopian!

Makanan bisa jadi penyebab jerawat, tapi bukan berarti hidup jadi taste-less. Tetep boleh makan pedes dan menikmati manisnya desert, tapi porsinya kudu dikontrol dan jangan keseringan makannya ya~

Kalau kamu butuh informasi mengenai kesehatan bisa banget buka webnya Halodoc lho. Gak cuma soal kesehatan yang general, tapi yang spesifik mengenai kecantikan kulit juga adaa!

Terimakasih sudah baca curhatanku kali ini, semoga sehat-sehat semua ya di rumah!

Yuk ngobrol sama aku di:


You Might Also Like

0 komentar

terimakasih banyak :)