Resep Makaroni Panggang Daging Sayur

3:13 AM


Assalamualaikuuum everibebiiih!

Udah lama banget aku ga nulis buat #DimasakinMey. Akhir-akhir ini aku lagi ngurangin makan juga sih, jadi kayaknya males masak juga jadinya L

Yep kebetulan aku lagi ngurangin makan setelah akhir Januari kemarin operasi. Efeknya jadi males masak, males makan.. kalau lagi BM palingan nontonin food vlogger di Youtube!

Ngomong-ngomong, sebulan lagi temen-temen yang muslim akan menikmati bulan Ramadhan, dan temen-temen nonmuslim bisa jajan enak murah menjelang berbuka puasa. Salah satu masakan spesial buat pas acara buka puasa bersama adalah makaroni panggang!
Dulu kalau akhir pekan mamaku suka bikin makaroni schotel dengan daging giling. Setelah modifikasi resep, aku bikin makaroni ini versi lebih sehat dengan campuran wortel dan brokoli.

Cuss simak resepnya



Bahan:

  • 250gr makaroni kering
  • 200ml susu cair
  • 250gr daging giling, boleh diganti dengan smokebeef, sosis, ayam atau korned
  • 1bh brokoli ukuran kecil
  • ½ bh wortel, atau 1bh wortel ukuran kecil
  • 1bh bawang bombay
  • 2bh bawang putih
  • 2btr telur
  • 50gr keju cheddar, parut
  • Garam
  • Lada
  • Pala bubuk, atau parut


Untuk taburan topping
  • 80gr keju mozarella
  • 20gr keju cheddar
  • Parsley kering


Langkah memasak

  1. Rebus makaroni dengan jumlah air seujung telunjuk jari (seperti ukuran masak nasi), rebus hingga setengah matang. Setelah setengah matang, air tidak perlu ditiriskan.
  2. Tumis bawang bombay dan bawang putih yang sudah dicacah, bersama daging giling. Setelah daging giling berubah warna, masukkan wortel yang sudah dipotong dadu kecil, kemudian masukkan brokoli.
  3. Setelah itu, masukkan susu, keju, dan makaroni. Masak hingga meletup-letup, teksur makaroni matang dan keju bercampur rata. Masukkan lada, garam, dan pala.
  4. Setelah rasanya cocok dengan selera, matikan api kompor lalu tunggu adonan makaroni sampai dingin.
  5. Setelah suhu adonan mendingin, kocok lepas telur dengan garam dan lada. Lalu tuang ke adonan. Jika adonan masih panas, tidak boleh dimasukkan telur.
  6. Tuang adonan ke pinggan atau loyang, beri taburan campuran mozarella dan cheddar serta parsley.
  7. Panggang kira-kira dengan api 150° C, selama 25mnt. Tips saat memanggang, bagi waktunya menjadi 3 kali, yakni 10mnt-10mnt-5mnt. Fungsinya saat jeda waktu bisa mengecek kematangan dan mengubah posisi pinggan.
  8. Masak hingga adonan telur matang dan keju mozarella meleleh.



TIPS

Kalau mau bikin yang versi klasik, ga usah pakai sayur ya. Oiya aku pribadi kurang suka kalau terlalu banyak keju, atau terlalu banyak daging. Aku tipe orang yang masak itu rasanya harus balanced. Kalau terlalu cheesy rasanya eneg kan L

Nah, makaroni panggang ini selain bisa buat sajian berbuka puasa, juga bisa buat hantaran pas calon mertua datang ke rumah hihihi. Oh iya baked macaroni ini juga cocok buat jadi makanan utama atau cemilan buat anak lho! Pasti anak-anak suka karena ada kejunya! Selain itu karena sayurnya dipotong kecil-kecil, jadi buat anak yang gak suka makan sayur tetep bisa makan ini karena gak berasa ataupun berbau sayurnya :D

Plus buat temen-temen yang gak punya oven, jangan khawatiiiir! Makaroni ini adonannya juga bisa dikukus lho. Rasanya tetep enak juga :D

Aku pengen banget bisa sharing resep-resep gini lebih rutin. Ayo dukung aku buat rajin bikin #DimasakinMey :D :D


Yuk ngobrol sama aku di:


You Might Also Like

6 komentar

  1. Mey, La Fonte udah punya long macaroni yang khusus untuk macaroni schotel. Aku beli dong, kirain itu spaghetti, ngga taunya makaroni panjang kayak sedotan untuk macaroni schotel, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh long macaroni enak tuh buat bikin yg dipanggang giniii....

      Delete
  2. wah kayaknya enak nih, bisa dicoba deh

    ReplyDelete
  3. ntar kalau mau bikin makaroni panggang gini, liat resep km aja ah mey, udah di eksekusi langsung dirimu soalnya ...manthabbb!

    ReplyDelete
  4. naaah kalo bisa di kukus, aku lbh milih itu. ga ada oven soalnya :p. ini cemilan fav banget pas msh tinggal ama ortu. krn mama sering bikinin ini -_-..

    ReplyDelete
  5. Wah, enak nih, makaroni panggang. Tapi saya sih maunya nunggu dimasakin aja...

    ReplyDelete

terimakasih banyak :)