Kikugawa, Restoran Jepang Tertua di Indonesia

12:53 AM


Assalamualaikuuum everibebiiihh

Selama 2018 aku lumayan aktif menggunakan Google Local Guides. Pada salah satu reportnya, disebutkan aku udah tiga kali ke restoran ini. Padahal aku bukan tipe orang yang seneng ke resto lokal gitu. Biasanya lebih ke restoran franchise yang udah ada di mall, dan standar rasanya sama.

Kali pertama aku ke restoran ini diajakin sama senior di kantor yang kebetulan mau liputan. Jadilah siang itu kami makan di restoran Kikugawa yang terletak di Cikini Jakarta. Restoran yang eksis sejak 1969 ini konon katanya salah satu restoran Jepang tertua di Indonesia lho. Pemiliknya ialah seorang Jepang yang kemudian menetap di Indonesia.

Sampai di depan muka restoran, aku melihat bangunan sederhana bernuansa putih dan coklat. Memasuki resto, kami disambut jembatan kecil a la Jepang dan kolam berisikan ikan. Saat membuka pintu, terdengan bunyi denting bell dan sambutan pramuniaga khas restoran Jepang dengan kata “Irasshaimasee” – “selamat datang”.

Restoran ini berkesan oldies karena memang sedari dulu mempertahankan suasana jadul a la Jepang masa lalu. Dengan lampu yang agak temaram berwarna kuning, aku agak kesulitan mendapat warna makanan yang sesungguhnya. Jadi harap maklum ya.

Kami makan siang ditemani mbak Yoanita selaku General Manager di Kikugawa. Ngobrol-ngobrol sama beliau, kami dipesai tiga menu rekomendasi dari Kikugawa yakni Ume Set, Tempura Zaru Soba dan Salmon Ju.


Bagi penggemar soba dingin, Tempura Zaru Soba adalah pilihan tepat. Soba yang terbuat dari tepung gandum, teksturnya lembut sangat cocok saat dicelup ke kuah asin yang dingin. Dimakan bersama tempura (gorengan) udang, tempura ubi dan bayam.

Nah kalau kamu penggemar salmon, ada Salmon Ju. Sekotak nasi putih yang diatasnya diletakkan irisan salmon tipis-tipis. Salmon yang segar dan terasa manis, sangat cocok bila dibubuhi sedikit wasabi dan shoyu. Ada miso soup juga yang enak diseruput untuk teman makan.

Salah satu menu yang sangat direkomendasikan adalah Ume Set. Makanan set berisi salmon sushi, salmon sashimi, tempura, sukiyaki, dua pcs yakitori, dan miso soup. Ume Set dan Kiku Set sebenernya isinya hampir sama. Tapi di Ume Set isinya salmon sushi, sementara Kiku Set isinya nasi putih.

Pertama makan sukiyaki dulu, yang memang lebih enak dimakan saat panas. Kuahnya light, dengan isian telur, mie shirataki, daging, sawi putih dan bayam. Kemudian lanjut makan salmon sushi yang rasanya maniiiss sama kayak salmon ju. Tempuranya juga sama seperti isian tempura di zaru soba. Yakitori atau sate ayam isinya potongan ayam yang lumayan besar, ditusuk bersama daun, kemudian dibakar dengan saus shoyu yang gurih-gurih manis. Enak!

Nah untuk makanan di Kikugawa, tidak mengandung babi. Masakan yang mengandung mirin diimprovisasi agar tidak menggunakan bahan beralkohol. Di Kikugawa juga menjual minuman bir, tapi biasanya aku kesana minum ocha panas aja.

Overall, di Kikugawa ini aku paling seneng sama menu salmonnya. Rasa salmonnya manis dan gak bikin eneg. Kalau kesini biasanya aku pilih menu Kiku set yang isinya nasi, salmon sashimi, sukiyaki, tempura dan miso soup. Beli paket ini rasanya udah kenyaaaang banget!


Kikugawa, Cikini
Buka Senin sampai Minggu
Lunch    :11:30 – 15:00
Dinner  : 17:30 – 22.00


You Might Also Like

0 komentar

terimakasih banyak :)