Tips Masak Cepat dan Enak untuk Sahur

11:15 PM




Assalamualaikuum!

Gimana puasanya lancar ga? Udah diajakin hedon-hedon buat bukber ga?
Makan sahur sih sebenernya ga perlu makan banyak-banyak ya. Yang penting seimbang antara protein, karbo, serat, serta gulanya. Maksudku disini lebih ke banyak siapin makanan sahur atau makanan berbuka?

Di rumahku sih, mamaku selalu lebih banyak siapin makanan buat sahur. Alasannya, kalau makanannya enak pasti sahurnya semangat. Kalau sahurnya semangat, inshaa Allah kuat pas puasanya. Udah gitu kan kalau sahur ga ada warung makan atau resto yang buka ya, jadi udah pasti makanan sahur harus disiapin sendiri.

Sementara, berbuka puasa jauh lebih mudah karena banyak yang jualan makanan, makan di restoran juga bisa, delivery gampang... dan lagi kalau berbuka puasa semua orang pasti semangat kan ya? Beda sama sahur yang males dan ngantuk hihii

Jadilah kalau masuk bulan puasa aku dan mamaku sibuk menyiangi bahan masakan buat sahur. Biasanya sih ada tiga jenis masakan yang disiapin mamaku di rumah. Semuanya gampang dibuat bahkan cucok buat anak kosan juga~

Apa aja tuh masakannya?

Masakan Siap Goreng

Masakan siap goreng ini bukan nugget, sosis, atau telur ya. Masakan siap goreng di rumahku biasanya berupa ungkepan ayam. Ayam ungkepnya bisa pakai bumbu kuning, bumbu spicy wings, atau bumbu bawang putih.

Untuk ayam bumbu kuning, bahannya: Ayam ½ ekor, garam, Bawang Putih + Kunyit + Lengkuas diblender. Lalu diungkep dengan sedikit air mentah (atau air kelapa) dan juga daun salam. Biasanya pas masak ungkepan ayam ini aku juga sekalian masukin tempe, jadi nanti tempenya ada rasa ayam gitu~~ Nah, ayam bumbu kuning ini cocok buat teman makan aneka masakan Indonesia. Sambelnya bisa pakai sambel uleg, atau sambel kecap. Sayurnya bisa beruba lalapan atau tumisan.

Nah kalau bumbu spicy wings, Cuma pakai bumbu siap jadi Sasa Spicy Wings aja. Masakan ini salah satu favorit adekku karena rasanya yang pedas manis. Cara buatnya mudah, ½ ekor ayam dimarinasi dengan satu bungkus bumbu spicy wings. Masukkan ke wadah tertutup, lalu diamkan semalaman di kulkas.

Terakhir bumbu bawang putih, biasanya berupa ayam yang diungkep dengan bawang putih, lada garam. Setelah diungkep, goreng dengan api besar sebentaaar aja. Lalu masuk kulkas deh. Nah ayam ini bisa diolah lagi jadi ayam balado, ayam kecap, ayam cabai hijau.

Masakan Siap Tumis

Di rumahku, masakan siap tumis biasanya berupa sayur-sayuran yang ga kering tapi ga basah kayak sup juga. Sayur tumisan kayak kangkung, tauge, capcay, lebih enak kalau dimasak secara mendadak. Jadi dimasaknya 10menit sebelom sahur dimulai. Disiang hari, mamaku udah mulai potong-potongin sayuran buat dimasak pas sahur.

Kalau mau masak tumis kankung, beliau menyiangi sayurnya, terus potong-potong bumbunya, masukkin wadah tertutup atau plastik, terakhir masuk kulkas deh. Nanti pas mau makan sahur, baru sayurnya dimasak.


Salah satu variasi masakan siap tumis ini juga bisa bentuknya one-bowl dishes. Jadi satu mangkok gede isinya udah ada sayur mayur dan protein hewani. Contohnya capcay atau masakanku kemarin sore: Tumis Daging dan Kol ini.

Oh iya, kalau lagi bosen makan nasi, bisa juga stok Saus Bolognese. Kalau mau makan tinggal rebus pastanya, terus tumis-tumis pakai sosis, ayam, bahkan korned juga bisa.

Baca Juga: Saus Pasta Sehat dengan Wortel

Masakan Jadi

Masakan jadi ini bukan kayak nugget atau sosis ya. Tapi lebih ke makanan yang bisa stok banyak terus masuk kulkas. Kalau mau dimakan tinggat angetin aja pakai teflon atau magic jar. Salah satu yang favorit di rumahku tuh Cumi Cabai Hijau, Rendang Daging, dan Ayam Balado. Resepnya banyak banget bertaburan d Cookpad tinggal praktekkin.



Oh iya, aku juga suka stok salad sayuran yang isinya selada, kol, wortel, jagung manis pipil, tomat potong dadu. Kalau mau makan tinggal tuangin saus thousand island. Enak, gampang!



FYI, aku ini tipe orang yang masak sebisanya aja. Jadi kalau aku bisa racik bumbu sendiri, ya racik sendiri. Kalau lagi capek, atau emang lagi males ya beli bumbu jadi aja. Ga mau terlalu memaksakan standar orang lain... kayak: masak rendang tuh bumbunya harus diulek, atau bikin sambel ga afdol kalau diulek. Kalau capek ngulek bumbu, ya blender aja. Kalau ga bisa bikin bumbunya, ya beli di pasar banyak lho.. kalau udah jenuh dan capek banget buat masak, ya beli aja atau bikin indomi atau goreng nugget ~

Ga perlu gitu memaksakan diri kalau memang ga shanggup masak J Udah 2018 masih aje maksain standar orang lain sama hidup kita sendiri hihihihi

Intinya sih biar semangat puasanya, masakan sahur harus enak endolita! Semangat puasanya ya~~




You Might Also Like

9 komentar

  1. waahhh pas banget nih taun ini aku yang harus nyiapin masakan sahur, jadi terbantu sama tips nya. TFS Mbak :)

    ReplyDelete
  2. ayam ungkep selalu stock aku mba krn kesukaan juga hehe pengennya sih bisa potong2 sayur terus tutup plastik masukin kulkas gitu cuman syg nih no time sejak pny bayi hahaha psti masak dadakan terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya, harus bisa bagi waktu masak sama urus baby ya mba :) semoga sehat terus mba dan baby nya~

      Delete
  3. Samaan, ayam ungkep selalu ada hehe. Trus sayur biasa aku racik malam, pagi tinggal cemplung. Aku setuju mbak, kalau sahur masakannya endolita, kita jadi semangat biar melek. Biar sahurnya enggak sambil merem. Trus bikin semangat puasanya karena enggak lemes lagi hehe.

    ReplyDelete
  4. Aku dulu suka nyetok ayam ungkep, tapi karena suami alergi ayam jadinya supaya praktis aku nyetok ikan bumbu aja. Sama-sama tinggal digoreng. Hehe.
    Kalau makanan siap jadi pengen nyetok kering tempe nih, terus salad itu kayaknya enak juga. Catet ah. Salam kenal ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah iya bener bisa juga ikan goreng ya mbak hihihi kering tempe juga enak mba, kriuk kriuk gitu~ Salam kenal juga mba!

      Delete
  5. Memang dah stok wajib di rumah kalo males masak antara mi instan sama telor sama bumbu nasi goreng. ada nasi sisa bikin nasgor nasi masih banyak cukup ceplok telur. pengen berkuah bikin mi instan haha kecuali asli bener pengen masak baru pesen ke tukang sayur dah

    ReplyDelete

terimakasih banyak :)