Resep Pasta Saus Bolognese Sehat dengan Wortel

9:06 PM



Assalamualaikuum~

Long weekend Imlek kemarin pada kemana aja nih?

Berhubung tiga harian itu aku di rumah aja, jadilah kegiatanku hanya seputar kamar tidur – kamar mandi dan dapur saja -_- sempet belanja ke luar sih, tapi ga lama-lama juga. Oh iya, aku juga sempat ngikut papa ke tempat pemancingan ikan gitu. Lumayan bosenin juga ya mancing itu, selain nungguin dapet ikannya lama, terik juga mataharinya.

Tapi enaknya long weekend adalah: aku sempat masak! Kalau weekdays selalu males dan ga sempat buat masak. Jadilah kalau weekend bebikinan pudding, salad, sampe pasta. Kebetulan spagetti bolognese juga jadi favorit keluargaku.

Dulu, mama suka bikinin spageti bolognese kalau pas weekend di rumah. Berhubung anak-anaknya pada ga suka sayur, jadi harus agak tricky saat memasak. Alhasil, itu saus bolognese dicampur wortel yang sudah diblender. Aroma wortel yang biasanya langu, tertutup dengan kuatnya aroma tomat dan oregano. Jadi beneran ga berasa lagi makan wortel lho!

Wortel yang kaya akan beta karoten, cocok baget dikonsumsi dedek-dedek milenial yang maenannya gawai terus. Cocok juga buat kamu-kamu yang matanya lagi kelelahan karena baca blog saya tapi ga komen-komen. Iya kamu.

Belanja di yu’ sayur dan warung sebelah: tomat, bawang bombay, bawang putih, lada, wortel impor, dan sebotol saus tomat ukuran besar, totalnya IDR 25.000 aja :D Hepi karena lebih murah dibanding beli yang sudah jadi. Oiya, di resep ini aku pakai Itaian seasoning yang merupakn campuran basil, oregano dan chilli flakes. Tapi kalau mau pakai oregano aja juga gapapa kok.

Tinggal tambah daging giling, atau sosis, atau daging ayam, atau boleh tambah jamur, dan pastanya, jadi deh!

Cuss baca lebih lanjut untuk tau resepnya.



Bahan

  • 1 bh wortel ukuran sedang (kalau pakai yang impor 1, kalau pakai yang lokal 2)
  • 3 bh tomat merah ukuran sedang
  • 3 siung bawang putih
  • 2 bh bawang bombay ukuran kecil
  • 1 botol saus tomat
  • Daging giling
  • 1 sdt Italian seasoning (bisa pakai oregano saja)
  • Lada
  • Garam
  • Pasta

 

Langkah

  1. Blender wortel, tomat, dan bawang putih.
  2. Potong kecil-kecil bawang bombay, lalu tumis dengan olive oil.
  3. Tuang blenderan ke tumisan bawang bombay, lalu campur dengan saus tomat.
  4. Masukkan lada dan garam sesuai selera. Terakhir, masukkan 1 sdt Italian seasoning.
  5. --- sampai disini, udah jadi saus bolognese wortelnya. Bisa disimpan untuk ready-to-use saus tomat yang sehat buat olesan sandwich atau saus di lasagna juga.
  6. Lanjut, tumis daging giling dengan bawang bombay dan olive oil. Campur tumisan daging giling dengan saus bolognese wortel secukupnya.
  7. Campur saus daging bolognese dengan pasta yang sudah direbus. Jangan lupa cicipin dulu udah asin atau belum ya.
  8. Terakhir, taburi dengan keju yang sudah diparut. Jadi deh!

Anyway, aku bikin dengan resep ini dengan daging giling yang kira-kira seukuran satu kepal tanganku ya. Pas beli di supermarket lupa beratnya berapa, tapi harganya sekitar IDR 20.000. daging segini cukup buat 4 porsi. Tapi semua ukuran daging + pasta + saus ini dikira-kira sesuai selera masing-masing aja ya. Kan ada yang suka dagingnya banyak, ada yang suka dagingnya sedikit.


Selain masak, long weekend kemarin aku bisa menghabiskan waktu buat nonton drama Korea! Kalian ada yang suka drama Korea ga? Komen ya kalau kalian suka drama Korea~ Sesungguhnya kuberencana buat nulis review drama Korea juga nih heheheh >.<


Kalau kalian long weekend kemarin ngapain aja nih? Cerita di kolom komentar ya!

Yuk ngobrol sama aku di:


You Might Also Like

8 komentar

  1. Wah saus pastanya sama wortel! Keliatan enak banget mbak... *ngiler*
    Bisa dicoba nih, sudah lama nggak masak pasta juga ^^

    ReplyDelete
  2. Ntar kalau anakku pulang dari asrama kubuatin ini aaaahhh... biasanya pake oregano aja sih di campuran sausnya.

    ReplyDelete
  3. Cocok banget nih buat alternatif menu buat anak-anakku. Soalnya mereka kalau judulnya pasta pasti lahap! Apalagi ini dikasih wortel, jadi lebih sehat pastinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak dipraktekkin buat anaknya ya hihihi

      Delete
  4. Saya belum pernah pakai saus pasta San Remo nih. Enak juga ya, Mba. Wortel blender kalau campuran bumbunya enak, rasa langunya jadi hilang ya. Apalagi ada tomat yang asam segar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mba! Selain itu wortel juga membantu "mengentalkan" saus bolognesenya :)

      Delete

terimakasih banyak :)