Resep Cumi Asin Cabai Hijau ala RM Mira

3:36 AM



Assalamualaikum!

Akhir-akhir ini aku lagi suka banget ngestok makanan siap jadi buat bekal ke kantor. Salah satu temanku, kakak Mira, kebetulan punya usaha Rumah Makan Mira yang jual makanan siap saji. Salah satu best sellernya adalah Cumi Asin Cabai Hijau. Dulu, alm mamaku suka masakin ini. Beliau biasanya pakai cabai besar di iris lebar, bawang merah, bawang putih dan kecap manis sebagai bumbu.

Nah, kalau Cumi Asin Cabai Hijau ala RM Mira ini rada beda. Cabainya digiling kasar jadi kayak balado gituuuu >.< Rasanya asin, gurih, yummy. Nah biasanya aku makan Cumi Asin Cabai Hijau pakai nasi putih dan sayur aja tumis yang simpel aja. Rasa cumi asin yang udah nikmat, cucok buat makan siang.

Cumi dikenal sebagai hewan bertulang lunak yang kaya akan nutrisi. Setiap 100gr cumi memiliki kalori sekitar 75-85kkal dan protein sebanyak 15,5 – 16,1 gram. Tapiiii, kalau kebanyakan makan cumi juga bisa bahaya buat kesehatan, karena cumi ini cukup kaya akan kolesterol.


A post shared by RM. MIRA (@rumahmakan.mira) on

Nah, berhubung aku lagi ga ada duit buat beli RM Mira mau bikin stok banyak, jadi aku coba bikin Cumi Asin Cabai Hijau sendiri. Resep dibawah ini cuma hasil percobaan aku ngeracik sendiri aja. Jadi kalau ada yang punya referensi lain buat bikin Cumi Asin Cabai Hijau, boleh share di kolom komentar ya!


Bahan-bahan




Cumi Asin basah ½ kg
Cabai Hijau (campur antara cabai keriting dan cabai rawit) ½ kg
Tomat hijau 5 buah
Bawang putih 1 siung
Bawang merah 10 siung
Daun jeruk
Minyak kelapa sawit
Garam

Langkah-langkah




  1. Cuci bersih cumi asin dengan air garam. Tunggu sampai sekitar 10mnt.
  2. Sementara itu, Kupas dan cuci bersih bawang merah dan bawang putih dan bersihkan tangkai-tangkai cabai.
  3. Blender kasar cabai, bawang merah, bawang putih dan tomat hijau.
  4. Setelah itu, goreng singkat cumi dengan miyak kelapa sawit sampai berubah warna.
  5. Lalu tumis blenderan cabai hijau ke minyak bekas menggoreng cumi.
  6. Tumis sampai berubah warna, lalu masukkan cumi asin yang sudah digoreng.
  7. Setelah cumi asin menyatu dengan sambal, cicipin rasanya. Bisa ditambah garam dan gula menyesuaikan selera masing-masing.
  8. Trus jadi deh!




Aku pakai cumi asin basah karena aku ngerasa kalau yang kering terlalu alot. Beli di pasar ½ kg harganya cuma IDR 40.000. Nah cabainya ½ kg sekitar 15.000 juga. Di total-total semua modalnya sekitar IDR 80.000 lah.

Makan Cumi Asin Cabai Hijau ini enak banget kalau pakai nasi dan kerupuk. Sayurnya bisa sayur asem, atau sayuran tumis.

Biasanya aku buat stok bekal makan siang, atau bisa juga buat kasih ke saudara yang mau berangkat haji atau umrah juga bisa.


Nah, sekian resep terbaru #DimasakinMey dari aku, semoga bisa jadi ide buat masak-masak hari ini. 

You Might Also Like

0 komentar

terimakasih banyak :)