Resep Tuna Crispy Saus Asam Manis

1:06 AM


Resep Tuna Crispy Saus Asam Manis

Assalamulaikuum~


Siapa temen-temen disini yang suka makan ikan?

Aku sebenernya dari kecil ga terlalu suka makan ikan. Aku lebih sukanya sama ayam, hihihi. Apalagi ayam goreng ala restoran fastfood gitu. Wih favorit banget.

Kenapa ga suka ikan? Baunya yang amis dan banyak tulang, bikin males makannya. Nah, pas mamaku sakit, sekeluarga mulai ngurangin makan ayam. Sebenernya ga kenapa-napa sama ayam sih, cuma kalau sesuatu yang berlebihan kan ga bagus ya. Jadilah semenjak saat itu, kami sekeluarga mulai balance antara makan ayam, ikan, daging merah, dan sayur mayur.

Nah, salah satu menu yang suka dimasakin mamaku adalah ikan tuna crispy dengan saus asam manis ini. Tuna termasuk ikan yang populer di Indonesia. Biasanya dibikin jadi abon ikan atau digulai kuning dengan santan. Ikan tuna tinggi akan protein yang baik untuk tubuh dan juga omega 3 yang mengurangi resiko obesitas. Cocok banget buat temen-temen yang lagi diet ya :) Teksturnya yang lembut, tidak amis dan tanpa tulang enak banget buat dimakan pakai nasi atau pasta.

Kalau beli di pasar, kamu bisa cari ikan tuna ini di deretan tukang ikan. Bisanya bentuknya udah bonggol-bonggol besaaar berwarna pink gitu. Aku lupa beli berapa kilo, yang pasti dengan uang IDR 40.000 aku udah bisa dapet ikan tuna untuk porsi 4 orang dewasa. Oiya, kalau beli di pasar atau tukang ikan keliling, biasanya aku juga sekalian minta potongin. Kalau aku sih suka bentuknya kotak-kotak tipis gitu, tapi kalau kalian mau dibentuk jadi fishstrips panjang-panjang juga bisa kok.

Untuk tuna crispy aku tidak menyarankan pakai tuna kalengan ya. Pakai tuna fresh bisa, pakai tuna frozen juga bisa J

Resep Tuna Crispy Saus Asam Manis



Bahan
  • Tuna, iris tipis
  • Tepung serbaguna instan
  • Bawang putih
  • Bawang bombay
  • Saus tomat
  • Garam
  • Lada


Langkah-langkahnya
  1. Iris tipis tuna sesuai bentuk yang kamu suka.
  2. Siapkan dua mangkuk berisi air dan tepung serbaguna. Masukkan ikan tuna ke tepung kering, lalu celup sebentar ikan ke air, dan masukkan lagi ke mangkuk tepung. Jadi pakar dry batter dan wet batter ya. Wet batter ini juga bisa dibikin dari campuran telur, tepung, gara, dan lada. Tapi karena ga mau terlalu tebel adonannya, aku lebih suka pakai air aja.
  3. Goreng ikan tuna sampai berubah warna. Kalau sudah, sisihkan dulu tuna crispy nya terus siapin sausnya deh.
  4. !ris tipis bawang bombay dan rajang halus bawang putih.
  5. Panaskan mentega/minyak diatas saucepan.
  6. Masukkan bawang putih dan bawang bombay, aduk sampai bawangnya layu dan harum.
  7. Masukkan saus tomat, lada, garam dan sedikit air untuk pengencer.
  8. Kalau tekstur dan thicky-ness sausnya udah pas, mastikan kompor dan ta-da! Sudah siap.


 

Untuk menjaga kerenyahan, biasanya aku menyajikan ikan tuna dan sausnya secara terpisah. Tuna crispy saus asam manis ini cocok buat temen makan nasi sama sayuran kayak tumis brokoli, atau tumis sayur ala-ala capcay.

Oiya, tuna crispy asam manis ini cocok juga lho buat bekal kerja. Kamu bisa siapin stok saus asam manis nya di wadah tertutup lalu taruh di kulkas. Tunanya tinggal di batter aja terus masukin freezer deh. Pagi-pagi sebelum berangkat kantor tinggal goreng tunanya J

Buat temen-temen yang ga suka ikan tuna, bisa diganti dengan ikan lain kayak gurami, atau ikan dory. Atau bisa juga diganti dengan tahu, ayam, atau jamur. Coba cek kulkas di rumah siapa tau ada bahan yang enak dimasak!


Sekian dulu resepku hari ini, semoga kalian suka yaa! Kalau udah bisa masaknya, boleh lho di share ke IG dengan tag #dimasakinMey


Sampai ketemu di postingan selanjutnya!



Yuk ngobrol sama aku di:


You Might Also Like

2 komentar

  1. Waa makasi banyak mbaa .. aku mau coba bikin ini...

    hai-ariani.com

    ReplyDelete

terimakasih banyak :)