Resep Laksa Jakarta dengan Ayam Suwir

4:54 AM



Assalamualaikum semuanya~~

Apa kabar?

Sejujurnya kabarku sudah mulai lelah sama aktivitas setelah Idul Fitri. Pengennya liburan terus gitu heehe >.< Ngomong-ngomong soal Idul Fitri, tahun ini aku ga pulang kampung ya, alhasil di rumah kesempatan buat merawat diri dan masak-masak~

Sajian Idul Fitri yang berupa masakan bersantan, biasanya sih kalau dirumahku masak opor, rendang, sayur labu dan sambal goreng kentang. Setiap tahun menunya itu-itu aja, bosen yah?

Nah, kali ini aku mau share ke teman-teman semua salah satu alternatif masakan santan yaitu: Laksa Jakarta!

Laksa Jakarta ini mungkin beda tipis lah sama Laksa Singapur. Cuma bedanya Laksa Jakarta menggunakan ayam, kalau Laksa Singapur menggunakan udang.

Resepnya aku contek dari mbak Popi Prinhandini di Cookpad. Kalau mbak Popi pakai mihun. Nah kalau aku pakai mi telur yang bentuknya pipih kayak fettucinne :D



Langsung deh eksekusi masakannya!

Bahan

Bumbu Halus;

Bawang Merah
Bawang Putih
Kunyit
Cabai merah besar
Jahe
Kemiri
Ketumbar

Bumbu Lainnya

Santan
Lengkuas, digeprek
Daun sereh, digeprek
Daun jeruk
Daun salam

Pelengkap

Ayam
Bawang goreng
Daun bawang
Mi telur/sohun
Tomat
Jeruk nipis
Telur rebus


Langkah-langkahnya


  1. Blender bumbu halus, kemudian tumis dengan minyak kelapa sawit
  2. Rebus Ayam , sampai keluar busa-busa kotorannya, buang busanya ya
  3. Masukkan bumbu halus, daun sereh, daun salam, daun jeruk dan santan ke panci ayam
  4. Masukkan garam dan gula sesuai selera, kalau santannya terlalu kental bisa tambahkan air sampai kuah laksa terasa lebih ringan.
  5. Rebus mi telur di wadah panci lain, lalu tiriskan
  6. Rebus telur ayam, kupas kulitnya, sisihkan
  7. Angkat ayam dari rebusan kuah laksa, lalu suwir-suwir, sisihkan
  8. Sajikan mie telur dengan taburan bawang goreng, daun bawang, potongan tomat, telur rebus, jeruk nipis dan suwiran ayam.


Sajian Laksa Jakarta ini ternyata enak dan segerr banget lho! Cocok buat sajian Ramadhan, atau Idul Fitri. Adik-adikku ada yang suka pakai mie telur, ada juga yang sukanya pakai sohun, mahal ada yang sukanya pakai nasi. 


Masak bareng yuk sama aku >.< !




A post shared by Indonesian Beauty Blogger (@meylisop) on



You Might Also Like

6 komentar

  1. Hmm kayaknya enak juga ya laksa pake ayam sogood. Laksa tuh enak banget dan cocok buat segala musim :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Putu! Thankyou komennya~ Iya laksa emang enak buat segala musim apa lagi musim ujan-ujan gini hehe jadi bisa makan yang anget-anget gitu~

      Delete
  2. wahhhh perlu dicoba nih bund, terimakasih resepnya :)

    ReplyDelete
  3. Wah keliatan seger nih laksanya, enaak!

    ReplyDelete

terimakasih banyak :)