Tempat Wisata Paling Mempesona Di Kalimantan

1:08 AM


Heyho everibebih!! Salah satu wisata alam yang pengeen banget aku datengin ada di Indonesia, tepatnya di Kalimantan. Lho, kenapa Kalimantan? Yah, ehm saya biasanya sih naksirnya sama pria Sumatra sih, tapi kali ini memang lagi jatuh cinta sama alam di Kalimantan. Jadi please ya, pengen ke Kalimantan bukanlah karena oh karena pengen nyari jodoh, tapi emang pengen liburan~
Di Kalimantan, salah satu maskapai penerbangan domestik yang melayani rute lokal untuk menjangkau beberapa bandara sekunder adalah Kalstar Air. Maskapai ini adalah salah satu yang bisa kita andalkan untuk menjangkau tempat-tempat seperti Berau, Tarakan, Nunukan, Pontianak, Sampit, Pangkalanbun, Ketapang, Putussibau, dan beberapa tempat lainnya.
Kalstar air juga sering menawarkan promo murah untuk terbang dari berbagai bandara primer di kota-kota besar di Pulau Jawa seperti dari Surabaya, Jakarta, Yogyakarta, dan lain-lain.
Dengan adanya layanan pesawat yang bisa mengantarkan kita ke banyak tempat tersebut, maka akan semakin mudah untuk menjelajahi pulau-pulau di Kalimantan yang terkenal eksotis dan menarik.
Pulau yang sangat luas ini tentu saja akan melelahkan apabila kita jelajahi hanya dengan mengandalkan transportasi darat. Jadi tidak berlebihan apabila pesawat udara dipilih sebagai transportasi paling mudah dan paling cepat sekaligus paling efektif untuk menjangkau beberapa wilayah yang memiliki obyek wisata menarik.
Di Kalimantan, tempat wisata terkenal yang PENGEN BANGET AKU DATENGIN diantaranya adalah:


1. Pulau Derawan


Taman Laut Pulau Derawan – sumber gambar : kancyl.com
Ini adalah sebuah pulau yang indah. Keindahannya sudah terkenal hingga ke mancanegara. Di kalangan wisatawan, Pulau Derawan adalah tujuan wisata menyelam di Kalimantan yang paling difavoritkan. Pulau ini dinobatkan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan oleh pemerintah daerah Kabupaten Berau.

2. Pulau Maratua di Berau


Pulau Maratua – sumber gambar : cakrawalanegriku.blogspot.com 
Pulau Maratua layaknya Pulau Derawan adalah salah satu tujuan wisata eksotis di Kalimantan yang sayang apabila dilewatkan. Keindahan Pulau ini sudah begitu terkenal. Di Kabupaten Berau sendiri, Maratua dikenal sebagai tujuan wisata yang indah dan memiliki akomodasi cukup lengkap. Untuk bisa menjangkau Pulau ini, kita terlebih dahulu harus menyeberang menggunakan kapal selama 1 jam dari Pulau Derawan.
Sebagian besar traveller tertarik untuk datang ke pulau ini disebabkan karena wisata baharinya yang sangat indah. Pulau ini merupakan salah satu tujuan para driver yang ingin menikmati keindahan taman bawah laut selain pesona alam lainnya seperti gua dan danau ubur-ubur.

3. Tugu Khatulistiwa di Pontianak


Tugu Khatulistiwa – sumber gambar : wisataindonesia.co.id 
Beralih ke Kalimantan Barat, Monumen ekuator atau yang kita kenal dengan istilah Tugu Khatulistiwa adalah tujuan wisata wajib jika ke Kalimantan. Dikatakan demikian karena Tugu Khatulistiwa yang unik dan menarik ini menyimpan banyak sejarah. Setiap tanggal 21 hingga 23 Maret dan 21 hingga 23 September, jika berdiri di sekitar Tugu Khatulistiwa, kita bisa menyaksikan benda atau diri kita tanpa bayangan. Unik bukan?
Ya. Semua itu bisa terjadi karena matahari pada tanggal-tanggal tersebut tepat berada di atas kepala.

4. Pasar Terapung Muara Kuin di Banjarmasin

Sedangkan di Kalimantan Selatan, Pasar Terapung Muara Kuin masih tempat wisata paling mempesona yang menarik dan ikonik. Menyaksikan aktivitas warga Banjarmasin yang bertransaksi di atas perahu (jukung) adalah pemandangan unik yang akan memberikan pengalaman luar biasa kepada setiap traveller.

Pasar Terapung Muara Kuin – sumber gambar : indonesiaituindah.net
Aktifitas di Pasar Terapung Muara Kuin berlangsung sejak selepas subuh hingga pukul 08.00 atau pukul 09.00 pagi. Dari atas Perahu laki-laki maupun perempuan ramai mencoba menawarkan berbagai barang dagangan berupa buah, sayur, makanan, hingga jajanan, yang bisa dibeli dengan menggunakan uang atau dengan metode barter.

5. Danau Sentarum di Kapuas Hulu


Danau Sentarum – sumber gambar : tritamarentcar.com
Danau Sentarum berada di Kapuas Hulu Kalimantan Barat merupakan salah satu Taman Nasional paling indah di Kalimantan. Yang unik dan menarik, di sekitar danau ini masih tinggal masyarakat tradisional dari suku Dayak Iban, Putan, Kenyah, Punan, dan Sebaruk. Pemandangan alam yang indah adalah sajian utama Taman Nasional Danau Sentarum.

6. Labuan Cermin di Berau


Labuan Cermin – sumber gambar : trover.com
Di Kalimantan, Berau adalah salah satu “mutiara” yang indah karena menawarkan begitu banyak objek wisata alam mempesona. Tidak terkecuali sebuah tempat bernama Labuan Cermin yang keindahannya sudah sangat kesohor.

Labuan Cermin adalah sebuah tempat yang unik mengingat di bagian atas dari danau berwarna biru jernih ini terdiri atas air tawar, sedangkan di bagian bawahnya adalah air asin.


Asik banget yaaa kalau bisa ke Kalimantan!! Yuuk liburan ke Kalimantan >.< Ada yang mau liburan bareng ke Kalimantan?

You Might Also Like

1 komentar

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai wisata alam.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar pariwisata

    ReplyDelete

terimakasih banyak :)