Berbadan sehat, berpenampilan menarik, berwawasan luas, berpikiran bebas!


04 April 2016

Tips Supaya Kulit Tidak Belang


Heyho everibebih!!

Ngerasa ga sih akhir-akhir ini mataharinya semakin terik? Walaupun udaranya ga panas, tapi terpaan sinar matahari itu yang sering bikin misah-misuh ga karuan. Apalagi akhir Desember 2015 lalu pas aku lagi sibuk-sibuknya urus skripsi, kesana-kemari naik motor sukses bikin telapak tangan, kaki, dan wajahku jadi lebih gelap. Saking hitamnya, foundation sama bedak aku warnanya jadi keputihan L sedih deh pokoknya.

Sinar matahari pagi dari jam 6 sampai jam 9 (katanya) sih bagus untuk kesehatan tubuh. Makanya banyak ibu-ibu yang menjemur anaknya di pagi hari dengan alasan sinar matahari pagi kaya akan vitamin D yang bagus untuk tulang. Aku juga suka banget sama sinar matahari pagi. Biasanya kalau pagi-pagi aku buka jendela kamar, jendela rumah dan pintu rumah lebar-lebar. Tujuannya agar sirkulasi udara di ruangan bisa berganti dan cahaya matahari masuk untuk “membakar” bakteri jahat di udara ruangan.

(Penting dicatat untuk anak-anak kosan atau yang lagi cari rumah, banyak banget penyakit yang bisa datang akibat buruknya sirkulasi udara lho L Aku pribadi menyarankan untuk kontrak/ngekos/beli rumah yang sirkulasi udaranya bagus, dan dekat dengan arah sinar matahari)


Nah, diatas jam 9 pagi matahari mulai terik dan ga bagus lagi buat kulit. Selain bikin warna kulit menggelap, sinar matahari bisa bikin kena penyakit kanker kulit dan penuaan dini lho! Efek sinar matahari ini memang ga langsung dirasakan sih, tapi kalau lama-lama bertumpuk bahaya juga buat kulitmu.


Oh iya, sinar matahari ternyata juga memancarkan dua gelombang UV lho. UV A yang gelombangnya panjang mampu menembus awan, bahkan jendela ruangan lho. Jadi walaupun kegiatanmu masih di dalam ruangan, gelombang UV A ini masih bisa menembus masuk kena kulitmu. UV A juga bisa menyerap sampai ke lapisan kulit dermis. Sementara, UV B gelombangnya lebih pendek tidak mampu menembus awan ataupun ke ruangan. UV B juga hanya mampu menyerap ke lapisan epidermis saja.








Pernah ga kamu seharian lagi hepi-hepi di pantai, eh terus kulitmu jadi memerah kayak udang rebus? Yep, ini akibat kulitmu kebanyakan kena UV B nih! Ga cuma bikin kulit terbakar, tapi sinar UV B juga bisa bikin penuaan dini dan kerutan di wajah.

Terus gimana caranya biar ga belang atau kulit menggelap?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...