Pengalaman Pertama USG Payudara

12:10 AM




#WARNING: This post contains lots of breast, toket, tete, payudara, dan kawan-kawannya. If you dont respect this as a HEALTH AWARENESS SHARING post, better you close this page.

Hello hello~ mungkin saya ga pernah cerita soal ini di blog, tapi duluuu banget saya pernah posting di instagram soal ini. Atau mungkin saya pernah cerita ke orang-orang terdekat. Atau mungkin saya pernah cerita ke kamu. Iya kamu, yang baca doang tapi ga pernah komen.

Mama saya meninggal akibat kanker payudara yang kemudian menyebar ke paru-paru serta tulangnya.
My mom was dead by breast cancer that spread to her lungs and ribs.


Iya beneran deh. Ciyus, enelan ta oon. (Serius, beneran ga boong).


Dan sebagai putrinya, besar kemungkinan saya bakal kena juga. How can I prevent to something in my blood? Kalo orang dulu mah ya, penyakit tuh suratan takdir. Ga bisa dihindari. Maka kalo sakit ya sakit aja. Kalo mati mah mati aja.


Hello... buat kamu yang punya penyakit keturunan, plis deh. Yang diturunin tuh nilai-nilai kehidupan serta etos moral dan beragama aja. Alhamdulillah kalo bisa nurunin harta warisan juga ye cyin.
TAPI KALO PENYAKIT? Iya sih keturunan, tapi menurut saya, itu semua bisa diminimalisir.


Misal kamu punya turunan obesitas atau diabetes. Bisa dikurangin makan gula dan diperbanyak olahraganya. Atau kamu keturunan kurus nan singset? Sok atuhlah makan yang banyak biar bahenol kayak Syahrini. Saya sih ga ada turunan obesitas. Cuma ini badan gede karena males gerak aja. Kalo liat kasur berasa liat cowo ganteng lagi godain gitu.. #daakumanatahaaann


Trus, bagaimana cara saya meminimalisir kemungkinan saya untuk kena kanker payudara?

Well, sejauh ini yang sudah saya lakukan adalah olahraga teratur, makan-makanan enak yummy sehat bergizi, dan tidak merokok. Yang paling susah menurut saya ya olahraga teratur itu. Soalnya ya saya kan pemales yah, kerjanya duduk doang depan laptop. Jadi kalo ga dicambuk ya ga bakal olahraga tuh.

Eyyyyy mau dong dicambuk sama Mr. Grey.. cambuk pake dollar tapi.... #cuekinaja


Yah well, mungkin kalo teman-teman liat saya kurusan, ya itu semua karena olahraga. Dan cambuk terbesar saya buat olahraga karena saya GA MAU kena kanker. Aamiin.


Dan beberapa bulan lalu, tepatnya bulan Januari 2015, saya sering ga nyaman sama payudara saya. Sometimes it’s pain and sore. Sakitnya tuh disini  :(

Saya ga ngerti ya, tiap akhir tahun-awal tahun tuh saya suka sakit aneh-aneh. Akhir 2012-awal2013 saya muntah-muntah gara-gara masuk angin pas tahun baruan. Desember 2013 sampe Maret 2014 saya patah kaki gara-gara pake high heels di rumah. Desember 2014 saya sakit hati. Januari 2015 saya sakit tete -__- kan geblek.

Akhirnya karena jiwa dan raga saya ga tenang, maka pergilah saya ke Yayasan Kanker Indonesia (YKI) di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Saya inget banget deh tuh, siang-siang mana gerimis, naik angkot ke arah Pd. Labu. Terus turun di Sekolah Bisnis Prasetyamulya. Dari situ nyebrang liwat jembatan. BOELAH! Jembatannya horor pisan euy. Ga kebayang itu kalo malem banyak begal kali ya.. Terus turun jembatan, masih harus jalan kaki cyin ke arah gedung Astra. Ada pengkolan, belok dah. Dari situ udah lumayan deket. Tanya aja ke satpam astra, YKI ada dimana gitu.

Nyampe sana daftar untuk konsultasi ke dokter. Saya bukannya drama ya... pas nunggu giliran konsultasi, saya lihat banyak perempuan disana. Ada yang harap-harap cemas, ada yang wajahnya sumringah bahagia, ada juga keluar ruangan dokter malah nangis tersedu-sedu. Serius. Saya makin takut. Gelisah geli geli basah. Deg-degan juga. Gimana kalo saya keluar ruangan dokter dengan tatapan berduka yang seolah meratapi nasib??

Pas dipanggil dokter, ALHAMDULILLAH DOKTERNYA PEREMPUAN... Nah, terus saya cerita deh tuh, nenek-bude-mama saya meninggal karena kanker payudara, trus keluhan payudara saya. Akhirnya sang dokter nyuruh saya boboan di apatuh namanya tempat bobo di dokter, terus suruh angkat baju dan bra nya.
Yampun dok kita mau ngapaiiinn~~


Saya sih mikirnya, periksa payudara di dokter itu metodenya sama kayak SADARI (perikSA payuDAra sendiRI). Yang periksanya cuma dipijit-pijit doang. Ternyata..... coba kamu bayangkan, gerakan tangan memutar persis DJ lagi mainin alat musik. Tapi gerakannya lebih cepat, menggunakan empat jari, diatas payudara. Aneh? Bingung? Sama saya juga.

Setelah saya kebingungan karena payudara saya diuwek-uwek, dokternya bilang: “Ada beberapa kelenjar keras di payudara kiri. Tapi, saya ga bisa pastikan itu apa. Untuk lebih jelasnya, saya sarankan untuk USG aja ya. Tindakan kamu sudah tepat karena mencegah dari awal.”. Rasanya nano-nano cyin. Gundah gulana galau nan merana.


Singkat cerita, kegalauan saya masih berlanjut sampai akhirnya tiba saatnya USG dua pekan kemudian. Well, ini pertama kalinya saya USG, jadi deg-degan kayak mau ketemu pacar. #padahaljomblo #kesian #cariinpacardong

Hasilnya?
Alhamdulillah normal ga ada apa-apa ya Allah. Kata bu dokter, payudara saya nyeri mungkin karena hormon saya lagi ga stabil, atau mungkin karena saya sering galau . Intinya adalah everything is okay and no need to worry. Yang penting jaga kesehatan, olahraga, jangan merokok, dan periksa payudara setahun sekali.




Bicara tentang pencegahan kanker payudara, akhir-akhir iniu saya sering mikir buat masektomi payudara kayak Angelina Jolie aja. Haruskah saya? Bisakah saya?



Oh iya, untuk teman-teman yang mau deteksi kanker, bisa ke RS kanker Dharmais [WEB]. Menurut aku sih disini paling lengkap ya.. kamu bisa deteksi mulai dari kanker payudara sampai kanker usus besar. Detail biaya deteksinya bisa dilihat di [LINK]. Aku sendiri periksa di Yayasan Kanker Indonesia [WEB]. Sayang web mereka kurang detail. Jadi perihal biaya ini-itu bisa hubungin nomer kontak YKI di [LINK]

You Might Also Like

35 komentar

  1. aku juga punya riyawat keluarga seperti kamu,,,aku sempat alami nyeri di payudara dan hal yg wajar kalo aku ketakutan ,,akhirnya aku periksa usg payudara alhamdulillah hasilnya bagus dan disarankan utk rutin periksa setahun sekali,,btw mau tanya biaya periksa usg payudara di yki brp ya? kmrn aku periksa di biomedika kb jeruk sekitara 425 ribu

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu di YKI usg cuma 250-an mbaa :D

      Delete
    2. Mba mey mau nanya, kebetulan sy butuh rekomendasi utk pemeriksaan usg payudara jg. Sempet dengar kalau alat2 di yki sudah kuno apakah menurut mba mey spt itu? atau sudah cukup bagus utk pemeriksaan usg payudara ini? terima kasih

      Delete
    3. Mba mey mau nanya, kebetulan sy butuh rekomendasi utk pemeriksaan usg payudara jg. Sempet dengar kalau alat2 di yki sudah kuno apakah menurut mba mey spt itu? atau sudah cukup bagus utk pemeriksaan usg payudara ini? terima kasih

      Delete
    4. Halo mbak Anisa, aku sendiri baru periksa payudara di YKI (tahun 2014) dan di RS Syarif Hidayatullah (tahun 2015). Jadi hanya bisa membandingkan dari dua RS tersebut ya. Memang teknologi di RSSH jauh lebih bagus daripada di YKI, tentunya harganya jauh lebih mahal :)

      Delete
    5. ka mey, aku mau nanya, untuk ngejalanin USG nya langsung dihari itu juga atau besokkannya ka?

      Delete
    6. biasanya harus janjian dulu sama dokternya, baru nanti kesana lagi buat USG

      Delete
  2. Kalo di dharmais periksa usg kira2 brp ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya kalau di dharmais harganya variatif deh soalnya dia banyak paket pilihan detesi kankernya.. kayak kanker cervix, terus kanker usus.. coba cek websitenya dharmais aja yaaaa :D

      Delete
  3. Duh kak meylisa aku jd gakserius bacanya gara2 lucu baca cerita kakak ��. Aku sediri aja ngilu kak pegang2 sendiri kaya takut gitu. Apalagi di emek emek sm dokternya ya. Berasa sampe ketulang rasanya soalnya aku kurus. Hehe
    Aku sih ngerasa ada benjolan kecil di payudara aku kak tp aku takut kalo periksa. Gimana ya kak caranya? Aku takut klo emang bener2 ada penyakitnya. Naudzubillahimindzalik sih jangan sampe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik cepat diperiksa lho.. jadi biar kamu lebih aware sama kesehatanmu juga. Benjolan itu bukan berarti langsung kanker lho, bisa saja gumpalan otot atau lemak. Tapi kita bisa tau itu lemak/otot/kanker ya dari hasil periksa usg :)

      Delete
    2. Excuse me, ms.. Where we should go anyway? Poli kandungan atau rs khusus cancer? Thx

      Delete
    3. Excuse me, ms.. Where we should go anyway? Poli kandungan atau rs khusus cancer? Thx

      Delete
    4. hi Ilfa! Bisa tanta langsung ke RS, mau USG payudara. Udah gitu aja hehe :)

      Delete
  4. meyyy semangattt olahraga hehe *padahal sendirinya pemalas*, tapi yahh berdoa aja selalu gak pasti nurun kok itu.. sehat2 terus yaaa :*

    ReplyDelete
  5. haduhh jadi takut nih, saya sendiri juga males banget olahraga, bahkan kadang badan nyeri2 sendiri karena kurang gerak

    reflectionofflowrin.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Terimakasih infonya, Mba. Aku memang lagi butuh info ini.

    ReplyDelete
  7. aku juga punya riwayat keturunan kanker..tanteku meninggal karena kanker paru-paru dan tanteku ada yang tumor. Saya juga was-was kalo payudara sakit dan haid ga lancar..pernah minta periksa sama mama, kebetulan mamaku dokter umum cuma pas diperiksa kayak ga nyaman ya mbak bener kayak di ubek2..=_='' jadi kadang mau mikir ke dokter spesialis tuh gmanaa gitu..soalnya pas nyokap sendiri yang pegang aja udah ngerasa aneh deh wkwkwkkwkw..*mikir kalo dokternya cowo gmana cobaa..hehehe tp bener sih harus periksa sekali setahun.

    ReplyDelete
  8. Kemarin temen juga ada yang nyaranin ini nih buat usg payudara. Soalnya dia ada kista katanya. Jadi penting juga melakukan pemeriksaan dini kata dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Levina :) semoga temanmu cepat sembuh ya, dan semoga Levina juga sehat selalu~

      Delete
  9. Hai mba.. waktu daftr konsulnya ke dr. Spesialis bedah atau langsung bilang mau di usg payudara?

    ReplyDelete
  10. Hai mba.. waktu daftr konsulnya ke dr. Spesialis bedah atau langsung bilang mau di usg payudara?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba Silvia, aku langsung aja daftar USG sih :)

      Delete
  11. kalo untuk skrang usg payudara kira' brapa ya ka ... ? karna waktu tahun 2012 payudara saya aring merah kaya brahma gtu .. udah gtuu bngkak payudara saya sprti ibu' mnyusui tapi gak mnyusui anak nya ... dan ada sprti mata bisul lalu kluar nanah ... dan 2016 kmrin pindah ke payudara kanan .. sudah stahun ini payudara kanan saya sring ada bnjolan dan kluar nanah .. kalau sudah gak kluar lagi bkasnya mnjadi lubang atau sbagian bolong di smping puting saya . itu kira' apaa yaa ka ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Puzpa, mungkin sekitar 300rb an di YKI. Baiknya kamu langsung ke dokter aja ya.. semoga cepat sembuh and goodluck

      Delete
    2. Info dong..sakit engga di mamograf teh? Kalau usg pernah.. mksh

      Delete
  12. Mba mey, mau tnya Usg payudara di YKI ada batasan usianya ga? Saya khawatir sm benjolan yg disblh kiri, nyeri kdg..ohya mammografi itu apa aman jg utk usia dibwh 40thn? Saya msh 27thn, tp saya mau cek lbh dini ttg apa yg saya rasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba, setahu aku di YKI tidak ada batasan umur. Kalau mammografi mungkin sebaiknya dikonsultasikan dulu ke dokternya ya mba. Semoga sehat selalu :)

      Delete
  13. Hi kak Mey, aku Fei. aku mau tanya. Kakak dulu ketika periksa ke dokter berapa hari setelah masa haid? Lalu ketika dinyatakan normal, beberapa hari kemudian benjolannya masih ada tidak? soalnya aku juga ada benjolan kecil sekitar 3-4 cm, tapi tidak muncul ke permukaan, jadi baru kerasa kalau di teken atau di pegang gitu. Rasanya nyeri ngilu gitu (karena emang lagi masa haid juga sii). Kemarin sudah ke poli kebidanan, katanya kemungkinan tumor jinak, karena di pegang tidak bergerak dan keras. Lalu aku di suruh periksa lagi ke poli bedah umum setelah masa haid selesai. Pas baca artikel ini, aku juga berharap semoga saya normal2 saja (>_<)

    ReplyDelete
  14. Aku juga sama bgtu kk. Memngnya klau kangker itu turunan ya kak? Ceritnya 3 buln yg lalu dlm keadaan kuliah ku tinggal skripsi dan itu kan otomtis gak ada kegiatn sma skli y kak. Nah aku dnger brta tntang kangker gtu kak. Shock lah aku. Awalnya mah bisa aja. Lama2 aku ketkutan juga. Ditmbh aku itu gak berani ke dokter. Tkut difonis apa2 gtu. Klo cmn skit biasa aja. Aku msh berni ke dokter. Kerjaanku cmn nangis sepnjang hri. Krna ketkutn yg berlebihn. Akhirnya 1 buln stlh itu. Saya vernikan diri sya ke dokter. Wktu itu hnya tes secra fisik saja sih. Dokternya bilng. Ini bgus kok. Gak knpa2. Oke lah aku udh seneng. Eh gak tau knapa. Tiba2 mncul lgi mslh sperti ini. Smpe saat ini. Nh dokter ku itu nyuruh aku untuk usg payudra. Biar kunya juga gak kepikirn. Nh skrg aku mau tnya. Usg payudra itu bhaya gak sih. Kan klo ronsen ktnya ada sel2 yg rusk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Novia, terimakasih sudah share komentarnya ya.. USG itu ga bahaya kok mba :)

      Delete
  15. Hallo mba, mau tanya dong, usg payudara dan mamography payudara itu sama atau tdk? Bbrp thn lalu sy di mamography di YKi dgn cara payudaranya ditekan dari bagian atas bawah, lalu difoto rontgen, lalu di tekan dari kanan kiri dan kembali di foto rontgen.
    Klu USG payudara yg mba dpt dr YKi, seperti apa mba pemeriksaannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Tya, terimakasih sudah mampir di blog saya. Proses pemeriksaannya sudah saya ceritakan dalam postingan ini mba.. silahkan baca dulu, baru komen lagi ya....

      Delete

terimakasih banyak :)